LOVE LOUVRE

Satu piramida kaca besar sebagai pintu masuk Museum Louvre atau Musée du Louvre dikelilingi oleh tiga piramida kecil begitu kontras dengan bangunan megah yang klasik di sekelilingnya. Suka atau tidak, tentunya sejak awal berdiri telah menimbulkan perdebatan. Saya pribadi termasuk yang kurang setuju dengan modern vs klasik ini. Entah lah, namun bagi saya keindahan bagunan klasik Museum di belakangnya menjadi sedikit terganggu. 



Beautiful classic section




Bagi pecinta barang-barang seni, mungkin sehari tidak akan cukup untuk mengelilingi Louvre, benar-benar pengalaman seni yang memuaskan. Memang mahal, namun it's a must! salah satu yang terbaik yang bisa dikunjungi di Paris.

Monalisa adalah satu lukisan yang paling populer, berbagai cerita, mitos menjadi bumbu-bumbu yang mengikuti. Tidak heran lokasi lukisan Monalisa adalah satu tempat yang paling ramai pengunjung. Jangan bayangkan lukisan berukuran besar seperti yang sering kita saksikan di televisi, lukisan asli dari Da Vinci ini berukuran kecil namun dipajang di dalam bingkai anti peluru dan dijaga lebih ketat dibandingkan hasil karya seni lain. Kebanyakan orang hanya ingin berfoto disini kemudian keluar dari museum. Sayang sekali..

Monalisa Smile, kebanyakan orang hanya mencari dan berfoto dengan lukisan ini.

Perpaduan arsitektur klasik dan modern juga sebetulnya sangat terasa di dalam museum, bangunan yang tadinya merupakan benteng pertahanan, kemudian diubah menjadi istana dan beralih fungsi menjadi museum untuk umum ini benar-benar menyimpan sisi menarik disetiap sudutnya. 

Tips berkunjung ke Louvre:
  • Jika benar-benar menyukai seni, siapkan waktu seharian untuk berkeliling. i Rata-rata paket tur dari Indonesia hanya sampai di sisi luar saja tanpa masuk ke dalam museum.
  • Ada delapan bagian dari museum dengan detail dan seni yang berbeda-beda sesuai dengan kategorinya. Pakai baju dan sepatu yang nyaman untuk berkeliling.
  • The Wedding feast at Cana merupakan lukisan terbesar. mirip seperti The Last Supper, tersebut sebenarnya menggambarkan mukjizat pertama Yesus yang mampu mengubah air menjadi wine.
  • Hargai benda-benda seni dengan berhati-hati, tidak menyentuh dan tidak berfoto menggunakan blitz. 
  • Mengikuti jalur dan arahan adalah lebih baik, seperti di jalan raya, kadang-kadang kendaraan yang salah arah itu mengganggu apalagi saat padat pengunjung.
  • Hati-hati dengan pedagang asongan di area luar yang menjajakan souvenir, seringnya mereka curang dalam bertransaksi. 












Comments

Popular Posts